i think...

Kamis, 09 Juni 2011

Menuju Tujuh




Memasuki bulan Juni, saya mendapati diri semakin tak tahan lagi menantikan Film Surat kecil Untuk Tuhan. Film yang mengisahkan perjuangan Keke itu kini sedang dalam proses editing. Konon katanya Film ini akan dirilis pada tanggal 07-07-2011.




Melihat barisan angka 7 di setiap poster dan reklame Film Surat Kecil Untuk Tuhan, saya mendadak teringat dengan skripsi saya yang membahas makna dibalik simbol dan tanda-tanda Islami yang ada dalam kumpulan dongeng berbahasa belanda “ Si Tudung Hijau” (Groenkapje en de bekeeerde wolf) karya Naema Tahir. Salah satu tanda yang saya temukan adalah angka 7 yang kemudian makna dibalik angka 7 tersebut menjadi bagian pembahasan skripsi saya.




Dalam konteks umum, angka 7 dapat mewakili jumlah hari dalam satu minggu yang kemudian diartikan sebagai sebuah siklus kehidupan selama tujuh hari. Sementara itu di dalam ajaran agama Islam, banyak ditemukan beberapa istilah yang menggandeng angka 7, di antaranya adalah surga ke-7, langit ke-7 serta jumlah tawaf atau proses ibadah umat muslim untuk mengelilingi Ka’bah yang dilakukan sebanyak 7 kali putaran.




Beragam sumber yang saya gunakan, sebagian besar berpendapat bahwa angka 7 termasuk bilangan yang paling sempurna dalam Islam karena berkaitan dengan hal-hal berbau ketuhanan, salah satunya ialah tempat singgasana Allah SWT yang berada pada lapisan langit ke-7. Berdasarkan hal itu, akhirnya saya menyimpulkan bahwa angka 7 dapat pula dimaknai sebagai sebuah siklus untuk mencapai kesempurnaan atau agar terdengar lebih manusiawi kata kesempurnaan saya ganti menjadi kesuksesan atau keberhasilan yang sama-sama bermuatan positif.





Dengan segenap hati, saya berharap bahwa pemilihan hari ke-7 di bulan ke- 7 tahun 2011 nanti akan menjadi pilihan yang tepat untuk merilis film Surat Kecil Untuk Tuhan. Ibarat sebuah siklus, saya berharap, tanggal 07-07-11 nanti dapat menjadi momen keberhasilan baik dari segi penggarapan filmnya yang sudah dipersiapakan sejak awal tahun lalu serta sukses menyentuh hati para pecinta film tanah air untuk kemudian dapat mengambil pelajaran berharga dari apa yang telah di alami sahabat kita, Gita Sesa Wanda Cantika (keke).


Sukses selalu untuk fil SKUT dan salam hangat selalu untuk sahabat sejati SKUT dimanapun kalian berada,, salam kenal dari saya sebagai salah satu sahabat SKUT :)


2 komentar: